Senin, 16 April 2012

Jadilah Mahasiswa Sukses dengan Tiga Kunci


Terdapat tiga kunci yang membuat seorang mahasiswa mampu meraih kesuksesan. Namun ketiganya  umumnya sulit untuk dilakukan oleh mahasiswa. Apakah itu? Manajemen waktu, komunikasi interpersonal, dan mind mapping. 

Semua materi tersebut adalah kebutuhan akan permasalahan yang biasanya muncul pada mahasiswa di masa peralihan kehidupan sekolah ke kehidupan kampus. Manajemen waktu misalnya, merupakan solusi terhadap masalah yang sangat sering dihadapi oleh mahasiswa yang baru mulai merasakan kehidupan sebagai seorang mahasiswa.

Kegiatan perkuliahan yang cukup padat serta kegiatan organisasi kemahasiswaan menjadikan mahasiswa perlu merencanakan dan mengatur prioritas jadwal mereka agar segala hal dapat berjalan dengan baik. Mahasiswa sebaiknya dilatih untuk membuat perencanaan berdasarkan penting atau mendesaknya suatu kegiatan untuk dilakukan.

Selain dilatih untuk mengatur waktu, komunikasi menjadi hal penting ketika terdapat ide atau pikiran yang ingin disampaikan. Komunikasi pulalah yang menjadi poin kritis mengapa seorang mahasiswa bisa dimarahi dosen atau dimusuhi teman.


"Intinya adalah dalam berbicara kita harus memiliki keberanian, sedangkan dalam mendengarkan kita harus memiliki kesabaran," ungkap salah satu trainer dalam training tersebut. Hal tersebut akan menentukan efektivitas dari komunikasi sehingga menentukan pengaruh atau akibatnya pula.

Sedangkan mind mapping akan membantu mahasiswa untuk fokus pada tujuannya. Di bawah ini adalah contoh mind map mengenai kesehatan



Semoga bermanfaat dan tetap semangat :) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar