Senin, 02 April 2012

Cara Sederhana Menemukan Tumor Payudara Sedini Mungkin


Petunjuk dari Yayasan Kanker Indonesia
  1. Perhatikan dengan cermat payudara anda di depan cermin, tanpa berpakaian. Kedua lengan lurus ke bawah.
  2. Perhatikan apakah ada benjolan atau perubahan bentuk pada payudara. Amati dengan teliti sebab andalah yang paling mengenal tubuh anda.
  3. Angkat kedua lengan lurus ke atas. Ulangi pemeriksaan seperti di atas.
  4. Tekuk kedua tangan di depan perut, siku menghadap ke samping. Tekan kuat telapak tangan yang satu dengan telapak tangan yang lain. Cara ini akan menegangkan otot-otot dada andasehingga perubahan-perubahan seperti cekungan atau dekok dan benjolan tampak lebih kentara.
  5. Pencet pelan daerah sekitar puting. Amati apakah keluar cairan yang tidak normal. Lakukan pada kedua payudara.
  6. Berbaring dengan tangan kanan di bawah kepala. Letakkan bantal kecil di bawah punggung kanan. Raba seluruh permukaan payudara kanan dengan 3 ujung jari tengah yang dirapatkan. Lakukan gerakan memutar sambil ditekan lembut tapi mantab.. Mulai dari pinggir searah jarum jam. Perhatikan bila ada benjolan mencurigakan. Lakukan hal yang sama dengan tangan kiri di bawah kepala untuk memeriksa payudara kiri dengan tangan kanan.
  7. Perhatikan bagian atas samping luar payudara kanan-kiri anda, karena di daerah itulah sering ditemukan tumor payudara.
  8. Lakukan pemeriksaan payudara ini sebulan sekali sesudah haid.
  9. Jika ditemukan benjolan atau perubahan pada payudara, bandingkan dengan keadaan pada bulan sebelumnya. Lalau segera periksakan diri ke dokter. Mungkin saja benjolan itu adalah tumor ganas.
Untuk lebih mengetahui seputar kanker payudara kunjungi kankerpayudara.org
Semoga bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar