Selasa, 17 Januari 2012

PROFIL ARMABI


KELUARGA MAHASISWA KEBIDANAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS BRAWIJAYA (ARMABI FKUB) KEPENGURUSAN 2011-2012

      Visi dan Misi
Visi
Menjadi keluarga mahasiswa kebidanan yang mempunyai semangat kekeluargaan dalam mewadahi aspirasi dan mengembangkan potensi mahasiswa kebidanan.
Misi
a)    Meningkatkan kualitas iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
b)  Menampung dan berusaha mewujudkan aspirasi keluarga besar Program Studi Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya dalam bentuk kegiatan yang inovatif dan mendharmabaktikan kepada masyarakat
c)    Menjadi sarana pengembangan potensi diri mahasiswa Program Studi Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya yang menunjang bidang akademik maupun non akademik
d)    Menjadi penghubung pergerakan organisasi mahasiswa kebidanan di wilayah lokal, regional dan  nasional

     Tanggung Jawab Departemen dan Divisi
a.    Sekertaris Umum
·  Bertanggung jawab terhadap pembuatan, penataan dan pengedaran informasi surat-surat antarlembaga yang keluar-masuk.
· Mengarsipkan serta membantu mengoreksi setiap LPJ maupun proposal pelaksanaan kegiatan bersama bendahara umum.
· Mewakili ketua Himpunan yang berhalangan hadir dan telah dimandatkan sebelumnya baik dalam perannya di tingkat kolegium maupun dalam wewenang pengambilan keputusan yang menyangkut kepentingan lembaga.
·  Bertanggung jawab terhadap inventarisasi dan kesekretariatan lembaga dan pengelolaan ruangan
.

b.    Bendahara Umum
·     Mengelola dan mengatur pendanaan. Dibutuhkan Sistem pembukuan yang rapi sangat diperlukan untuk mengatur pendanaan yang dibutuhkan secara sinergis.
·     Bekerja sama dengan sekretaris umum mendata dan mengarsipkan proposal dan LPJ sehingga dapat memperjuangkan dana yang dibutuhkan tiap divisi.
·       Mewakili ketua himpunan dan/atau Sekertaris Umum yang berhalangan hadir dan telah dimandatkan sebelumnya baik dalam perannya di tingkat kolegium maupun dalam wewenang pengambilan keputusan yang menyangkut kepentingan lembaga.
·   Bertanggung jawab terhadap kinerja Biro Kewirausahaan terkait pendanaan lembaga dan pelaporannya.

c.    Biro Kewirausahaan
·         Melatih jiwa-jiwa enterpreneur bagi anggota ARMABI
·   Mengupayakan pendanaan mandiri bagi lembaga. Melalui : pengembangan usaha mandiri.

d.    Departemen Litbang
·         Bertanggung jawab terhadap penyusunan Kurikulum lembaga.
·         Bertanggung jawab terhadap upaya evaluasi kinerja tiap divisi
·    Bertanggung jawab untuk menampung dan menghasilkan ide-ide kreatif guna pengembangan lembaga.
·      Melakukan evaluasi yang bersifat eksternal (penilaian Anggota  dan lembaga lain)
·    Melakukan evaluasi yang bersifat internal (penilaian terhadap kinerja divisi, terlaksananya proker maupun non proker). Hasil penelitian dilaporkan kepada DPO, kahim dan divisi yang bersangkutan untuk ditindak lanjuti sebagai upaya pengembangan lembaga
·     Memberikan rekomendasi solusi permasalahan yang dihadapi divisi berdasarkan hasil penelitian, baik mengenai proker maupun SDM.

e.    Departemen PSDM
·     Bertanggung jawab terhadap proses kaderisasi dan pengembangan softskill dan hardskill dari setiap anggota dan pengurus.
·     Membuat suatu proses/ sistem  kaderisasi (mulai dari perekrutan anggota baru sampai tahun terakhir kepengurusannya) yang dapat berjalan secara berkesinambungan (bekerjasama dengan departemen litbang)
·    Membuat daftar kompetensi yang harus dimiliki oleh anggota dan pengurus beserta sistem evaluasinya (bekerjasama dengan departemen litbang)
·      Membuat suatu sistem pengembangan skill anggota yang bersifat aplikatif dan bermanfaat baik bagi anggota maupun lembaga.
·         Pembuatan database mahasiswa termasuk pengembangan minat dan bakat.
·      Departemen yang memfasilitasi dan memotivasi pengembangan sumber daya manusia mahasiswa Prodi Kebidanan dalam hal akademis maupun non akademis. PSDM juga memiliki tugas penting dalam kaderisasi, regenerasi dan kelangsungan ARMABI di masa depan. Bekerja sama dengan Litbang dan DPO dalam melaksanakan fungsi terkait

f.     Departemen Sosial
·     Departemen yang memfasilitasi kerangka kepedulian sosial mahasiswa dalam hal pengabdian masyarakat dan segala aspeknya, mengadakan banyak program kerja inovatif yang bertujuan mengajak mahasiswa untuk meningkatkan tingkat kesehatan masyarakat.
·   Menyelenggarakan dan berperan aktif dalam kegiatan yang berbentuk sosial sebagai lingkup pengabdian masyarakat di tingkat program studi, Fakultas, Universitas, dan Nasional.
·         Membangun sensitifitas mahasiswa terhadap permasalahan sosial masyarakat.
·    Menjalin hubungan dengan pihak terkait yang peduli terhadap masalah sosial kemasyarakatan dan lingkungan.

g.    Departemen Humas
·         Bertanggungjawab terhadap penyebaran informasi intern lembaga.
·         Sebagai pintu komunikasi antar lembaga.
·  Mengelola pendelegasian dalam acara-acara antarlembaga  baik eksternal maupun internal sehingga dapat memperluas relasi.
·    Sebagai pos link informasi terkait himpunan mahasiswa kebidanan dan IKAMABI.

h.    Departemen Ilmiah
·         Menyusun Arsip terkait materi perkuliahan (Modul, Slide) mahasiswa
·        Menampung seluruh mahasiswa Prodi Kebidanan yang berminat dalam kegiatan tulis- menulis baik karya ilmiah/ jurnal dan penelitian.
·      Membangun forum- forum keilmiahan dengan institusi lain demi pengembangan keilmuan.
·         Mengadakan kegiatan untuk meningkatkan prestasi akademik mahasiswa prodi kebidanan.

i.      Divisi Kastrad
·    Divisi yang mengkaji isu-isu non akademis yang berkaitan dengan kebutuhan mahasiswa, dan mengadvokasi dan memperjuangkan hasil kajian tersebut ke pihak yang otoritas.
·   Berperan dalam membangun karakter mahasiswa fakultas mahasiswa yang peduli dan kritis terhadap isu-isu global.
·     Menyinergiskan aspirasi mahasiswa, mendiskusikan kebijakan dan issue-issue public baik dalam dunia profesi kebidanan maupun nasional yang nantinya akan diimplementasikan baik dalam tri dharma perguruan tinggi maupun peran mahasiswa sebagai director of change.

j.      Divisi Pendpro
·   Bertugas mengkoordinasi gerakan bidang-bidang yang mengkaji isu-isu tiap program studi di Himpunan Mahasiswa, follow up dan memberikan konsultasi.
·  Membantu mengkaji, mengadvokasi dan memperjuangkan suara kebutuhan mahasiswa akan isu pendidikan dan profesi, ke pihak yang berwenang.
·      Memfasilitasi Mahasiswa Kebidanan dalam bidang akademik, baik pendidikan maupun profesi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar